BANDAR LAMPUNG—-Informatics and Business Institute (IBI) Darmajaya senantiasa bersama-sama Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia melalui Direktorat Pemberdayaan Telematika Ditjen Aplikasi Telematika dan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Lampung mendidik masyarakat Lampung baik di perkotaan maupun di pedesaan untuk menguasai ilmu Information and Communication Technology (ICT). Salah satunya melalui fasilitas Mobile Community Access Point (MCAP) yang dilengkapi dengan perangkat jaringan komputer berbasis open source software.

IBI Darmajaya mendapat kepercayaan penuh menjadi tim teknis MCAP untuk pemberdayaan ICT di provinsi Lampung. Belum lama ini, IBI Darmajaya dan Relawan Teknologi Informasi dan Komunkasi (TIK) Pesawaran mengadakan pelatihan Ujian Kompetensi Guru (UKG) Online di SMPN 2 Gedong Tataan, Pesawaran. Pelatihan ini tentunya didukung MCAP (Mobile Community Access Point) Diskominfo Provinsi Lampung.

Selain pelatihan menggunakan fasilitas MCAP, IBI Darmajaya telah mendapat kepercayaan mengelola server Kominfo yang digunakan untuk pemberdayaan usaha kecil dan menengah (UKM) melalui pelatihan bisnis online menggunakan mesin pencarian Google, dengan target pemberdayaan 1.000 usaha kecil menengah (UKM) di Lampung. Sehingga pasar penjualan UKM seperti kain Tapis Lampung bukan hanya terkenal di pasar nasional namun merambah di internasional.

“Adanya kemitraan antara keduabelah pihak untuk bantuan dan kerjasama teknis optimalisasi catch server dengan instalasi catch server serta fungsi filtering akses internet dengan memanfaatkan piranti lunak OPEN DNS, kemudian kerjasama untuk pemanfaatan TIK pada koperasi pengrajin tapis untuk tujuan  promosi on-line, dan layanan akses warnet bagi warga sekitar maupun sebagai fasilitas pelatihan atau kerja magang bagi mahasiswa IBI Darmajaya,” papar Rektor IBI Darmajaya DR. Andi Desfiandi, SE, MA didampingi Ketua Relwan TIK Lampung yang juga Dosen Teknik Informatika IBI Darmajaya M. Said Hasibuan, M.Kom pada Senin (30/7).

Lebih jauh dikatakan oleh Andi, bahwa kepercayaan besar yang diamanatkan ke IBI Darmajaya ini semoga semakin memacu seluruh civitas academica IBI Darmajaya untuk terus mengembangkan diri dan kemampuan IT untuk kemajuan Provinsi Lampung. “Semoga pula, asset IT yang dimiliki oleh Pemerintah Daerah ini, ketika ditempatkan di IBI Darmajaya dapat kita optimalkan fungsinya sehingga IT di Lampung  akan semakin berkembang,” ujar DR. Andi Desfiandi, SE.,MA menutup pembicaraan. (*)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *