BANDARLAMPUNG – Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya menerima penghargaan Telkom Smart Campus Award (TeSCA) 2014 untuk kategori Execelent Achievement di Ballroom JS Luwansa Hotel Jakarta, Selasa (17/6). IBI Darmajaya menjadi satu dari tiga institut perguruan tinggi di Indonesia yang menerima penghargaan tersebut.

Secara simbolis penghargaan serahkan langsung oleh direksi telkom kepada Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Riset IBI Darmajaya, Envermy Vem, M.Sc. TeSCA sendiri merupakan penilaian atas keberhasilan IBI Darmajaya dalam aspek tata-kelola dan implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi di lingkungan pendidikan tinggi.

“TeSCA adalah sebuah program untuk mengukur pemanfaatan TIK di perguruan tinggi yang mengukur beragam komponen mulai dari infrastuktur, aplikasi, sumberdaya manusia, hingga komponen kebijakan. Dan IBI Darmajaya masuk salah satu kategori perguruan tinggi dengan lonjakan peningkatan pemanfaatan IT secara signifikan sehingga mendapatkan penghargaan TeSCA untuk kategori Execelent Achievement” jelas Vem, kemarin (19/6).

Dia menambahkan ini kedua kalinya IBI Darmajaya mendapatkan penghargaan TeSCA, setelah penghargaan sebelumnya ditahun 2010. Penghargaan ini sangat bergengsi mengingat, penilaian dan seleksi yang cukup ketat. Setidaknya ada 600-an perguruan tinggi di Indonesia yang berpartisipasi pada kompetisi tersebut.  Menurut Vem terpilihnya IBI Darmajaya tak lepas aspek pemanfaatan IT yang terus dikembangan di lingkungan kampus.

“Pemanfaatan TIK di IBI Darmajaya sudah mencakup beragam  aplikasi-aplikasi sistem informasi Siakad, pelayanan administrasi, proses study, skripsi dan tugas akhir, serta masih banyak sistem informasi yang terus dikembangkan oleh IBI Darmajaya. Dalam hal pengembangan IT, kami memang mengalami kemajuan yang signifikan” ujarnya.

Menurutnya setiap perguruan tinggi yang berpartisipasi dalam TeSCA, akan mendapatkan laporan nilai indeks pemanfaatan TIK secara total, sebagai bahan evaluasi untuk melakukan peningkatan (self assessment). Bagi IBI Darmajaya, hal ini tentunya sangat penting karena menjadi bahan acuan untuk peningkatan layanan khususnya layanan berbasis TIK.

Prestasi tersebut mendapat apresiasi dari Rektor IBI Darmajaya, Dr. Andi Desfiandi, SE.MA. Sebagai perguruan tinggi berbasis IT, IBI Darmajaya terus memaksimalkan penggunaan IT di kampus sehingga memudahkan semua proses kegiatan belajar dan pelayanan terhadap mahasiswa.

“Semua berbasis IT, dan Alhamdulillah implementasi dari ini semua, berbuah pada penghargaan TeSCA yang kami terima. Mudah-mudahan prestasi ini semakin memotivasi kami untuk bisa lebih baik dalam hal pemanfaatan dan pengembangan IT, sehingga memudahkan pelayanan dari segala aspek” tandasnya.(*)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *